A.Rafiq

 Namanya dikenal sebagai penyanyi dangdut pada paruh dasawarsa 70-an ketika mendendangkan Pandangan Pertama dan Pengalaman Pertama diiringi OM El Rafika yang dibentuknya pada paruh 70-an. Dalam struktur lagunya A.Rafiq sangat dipengaruhi musik India. Dengan suara tenornya A.Rafiq memang memiliki ciri khas. Termasuk kostum yang dikenakannya yang meniru kostum Elvis Presley di era 70-an yang diakui banyak memberi pengaruh padanya.

Nama A.Rafiq mulai dikenal saat bergabung dalam Orkes Melayu Sinar Kemala pimpinan A.Kadir pada dekade 60-an .Di sini A.Rafiq pun sudah mulai menulis lagu yaitu Tiada Harapan.

Selain musik,lelaki turunan Arab yang dilahirkan di Semarang 5 Maret 1948 ini pun memiliki kemampuan akting.A.Rafiq pernah membintangi sederet film layar lebar seperti Si Gondrong (1971), Pengalaman Pertama (1977), dan Pandangan Pertama (1978).

Rafiq  yang pernah bergabung dengan Kelompok Srimulat Surabaya juga mengantongi sertifikat dari Akademi Teater dan Film Grup (ATF Grup). Selain itu, A.Rafiq pernah pula mendalami studi akting di Lembaga Pendidikan Kesenian Jakarta (LPKJ) yang sekarang berubah menjadi Institut Kesenian Jakarta (IKJ) dan bertindak sebagai sutradara dalam tayangan sinetron bertajuk Si Miskin Bercinta .

Karya A Rafiq sendiri bahkan pernah dinyanyikan oleh penyanyi yang tidak memiliki latar belakang dangdut mulai dari Chrisye yang menyanyikan Pengalaman Pertama pada album Dekade (2002) hingga Slank dan Nirina Zubir yang menyanyikan Pandangan Pertama  pada album soundtrack film Get Married (2007)

 

A.Rafiq

Iklan

Perihal ensiklopop
rock critics,rock archivist

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: